Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.
  • Penulis telah mengutip/mensitasi artikel yang telah terbit di jurnal ini,minimal 2 buah artikel

Panduan Penulis

Pedoman Penulis

Format Penulisan

Naskah artikel ditulis dengan jenis huruf Book Antiqua font 12 dengan spasi 1 (satu).

Panjang artikel berkisar 5.000 – 7.000 kata termasuk lampiran dan daftar pustaka, dengan margin atas, bawah, kiri, dan kanan sekurang-kurangnya 1” (satu inchi);

Semua halaman bernomor urut (termasuk daftar pustaka dan lampiran). Naskah harus mengikuti template  yang disediakan (unduh di sini: Template);

Setiap sub-judul diberi urutan angka Arab, dan dicetak tebal (bold)

Struktur Artikel

1. Judul

Judul ditulis singkat, jelas, maksimum 15 kata dengan gaya Capitalize Each Word, jenis huruf Times New Roman font 16, dicetak tebal, dan ditulis rata tengah.

2. Nama penulis, alamat email, institusi, dan negara

Nama penulis (tanpa gelar akademik), alamat e-mail, nama institusi, dan negara ditulis di bawah judul artikel. Bila naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis pertama, atau penulis korespondensinya.

3. Abstrak

Bagian ini memuat isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian. Abstrak disajikan di awal dan penyajiannya maksimum 200 kata (dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia). Abstrak diikuti kata kunci (keywords) maksimum 6 kata.

4. Pendahuluan

Bagian ini menjelaskan tentang latar belakang atas isu, fenomena atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi penelitian. Bagian ini juga menjelaskan tujuan dan kontribusi penelitian.

5. Tinjauan Pustaka dan Pengembangan Hipotesis

Bagian ini memaparkan kerangka teoritis/ tinjauan penelitian sebelumnya, dan pengembangan hipotesis (jika menggunakan hipotesis).

6. Metode Penelitian

Bagian ini menjelaskan rancangan penelitian, ruang lingkup atau objek (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis.

7. Analisis dan Pembahasan

Bagian ini menyajikan hasil analisis penelitian. Analisis penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan temuan penelitian secara logis, dan mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.

8. Kesimpulan

Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan yang menjawab tujuan penelitian.

9. Keterbasan dan Saran

Keterbatasan memaparkan hal-hal yang sebenarnya tercakup di dalam lingkup penelitian, tetapi karena kesulitan metodologis atau prosedural tertentu, tidak dapat dicakup di dalam penelitian dan di luar kendali peneliti.

Saran berisi rekomendasi yang dirumuskan oleh peneliti berdasarkan keterbatasan penelitian yang dapat bermanfaat secara praktis maupun teoritis bagi penelitian selanjutnya.

 

Tabel dan Gambar

Tabel diketik dengan jarak baris satu, dengan garis horizontal awal (sub judul tabel) dan akhir, tanpa garis vertikal. Tabel diberi nomor urut 1 s/d terakhir (lihat contoh di template).

Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak dan  dapat berwarna. Sumber tabel dan gambar harus dicantumkan.

Kutipan

Kutipan teks ditulis dengan menyebutkan nama akhir penulis dan tahun publikasi dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association). Sumber referensi yang digunakan minimal 80 persen berasal dari artikel jurnal yang telah terbit, sisanya dari sumber lainnya. Setiap naskah yang dikirimkan wajib mensitasi minimal 2 (dua)  buah artikel yang telah terbit di JUMA.

 

Daftar Pustaka/ Referensi

Bagian ini memuat sumber-sumber yang dikutip dalam badan tulisan artikel dan bukan berisi sumber yang tidak diacu di badan tulisan, untuk itu disarankan menggunakan aplikasi Reference Management Software (RMS) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote atau lainnya. Format penulisan yang digunakan adalah sesuai dengan format APA 6th Edition

III. Ketentuan Pengiriman Artikel

Artikel dikirim dalam bentuk softcopy (Microsoft word) ; Artikel yang dikirimkan bebas dari plagiarisme dan belum pernah dimuat dan/atau sedang  dipertimbangkan di jurnal/terbitan lain;
Informasi penerimaan maupun penolakan artikel akan diberitahukan secara tertulis; Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

Artikel

Kebijakan Bagian

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.